Kamis, 2 Maret 2023
Ragam
Label

⛅ Destinasi Wisata

Pulau Santen Banyuwangi Surga Di Selat Bali

Sunrise Pulau Santen,di Selat Bali
Sunrise Pulau Santen,di Selat Bali

Respon.id Banyuwangi, Destinasi wisata pantai banyak terdapat di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur dan yang sudah kesohor seperti destinasi wisata pantai yang menghadap Selat Bali misalnya Pantai Watudodol, Pantai Boom Marina serta Pantai Pulau Santen yang berlokasi di Kel.Karangrejo, Kec.Banyuwangi Kota, Kab.Banyuwangi itu dan masih banyak lagi destinasi wisata pantai yang menghadap Selat Bali. Seperti Pantai pulau Santen seluas 5 Ha tersebut, untuk bisa sampai di pulau Santen pengunjung harus melewati jembatan semi permanen, yang waktu itu pengerjaannya dikerjakan secara gotong royong warga setempat dan dibantu TNI sepanjang 100 meter. Pantai Pulau Santen sebenarnya sudah bisa diperhitungkan dengan destinasi wisata pantai lainnya di kota Gandrung yang sudah lebih dahulu kesohor itu.

Namun karena pengembangan maupun pengelolaannya hanya oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan dicuekin Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, maka destinasi yang dikenal keindahan akan alamnya saat Sunrise (matahari terbit) dan terbenam hanya jalan ditempat. Hari-hari biasa sepi pengunjungnya, kendatipun harga tiket masuk hanya sebesar Rp.5 Rb per orang, namun masih saja sepi. Memang berbeda jika hari Sabtu dan hari-hari libur, pengunjung di pulau yang dihuni sebanyak 90 KK yang mata pencahariannya sebagai nelayan itu, sangat ramai.

Dan sebenarnya tak hanya wisatawan domestik saja yang mengunjungi Pulau Santen ini, melainkan juga sudah banyak didatangi wisatawan mancanegara. Itu bagi touris Bali yang punya keinginan sekali dayung dua pulau terlampaui..Maka tak sedikit mereka mengunjungi Pulau Santen setelah meninggalkan Pulau Dewata tentunya Selain itu, Pulau Santen yang juga menyajikan berbagai macam kuliner masakan khas Banyuwangi seperti Rujak Soto, Sego Tempong, Pindang Koyong, Sego Cawuk, Pelasan (pepes ikan laut segar) dan berbagai varian masakan Sea food adalah untuk upaya daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurut Ketua Pokdarwis Pulau Santen Slamet Efendi saat ditanya Wartawan Respon mengatakan, dengan adanya Pulau Santen jadi tujuan wisata pastinya dapat meningkatkan pendapatan warga Pulau Santen dan membuka lapangan kerja, ujarnya penuh semangat. Nah untuk dapat mengangkat destinasi wisata Pulau Santen, mestinya Pemkab Banyuwangi jangan hanya berpangku tangan. Dan Pastinya nantinya, jika Pulau Santen bisa sukses lantaran banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, niscaya akan dapat menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang tinggi. Kapan Pulau Santen disentuh Pemkab Banyuwangi, baiknya kita tunggu dan kita ikuti perkembangannya.(yon/R.01).

Print Friendly, PDF & Email