Minggu, 17 Desember 2023
Ragam
Label

Suksesnya Krajan Art Festival 2023

Mbekso Dan Jamu Wujud Keragaman Budaya

Tampilan budaya Reog dan Tayub,wujud keragaman
Tampilan budaya Reog dan Tayub, wujud keragaman

Respon.id-Sukoharjo, Gelaran KAF ( Krajan Art Festival ) pada Sabtu, 16/12/23 sukses dan berjalan lancar. Hasil dari pantauan Wartawan Respon di Gedung Ijo Ds.Krajan, Kec.Gatak, Kab.Sukoharjo, Prov.Jawa Tengah tersebut sukses dan berjalan sesuai jadual. Tak pelak, saat itu warga Desa Krajan dan sekitarnya antusias berbondong-bondong ingin melihat langsung prosesi kegiatan festival itu. Keriuhan datang saat dimulainya hentakan musik khas gamelan Reog sebagai pembuka acara, disusul berikutnya Hadrah dan Tayub yang kemasannya berbeda dengan seni Tayub yang dipandang miring selama ini.

Lantaran Tayub yang selama ini identik dengan seni tari dan miras, namun GSC membuat terobosan baru yakni mbekso (tari) dan Jamu. Bahkan tak kalah pentingnya KAF (Krajan Art Festival) tahun 2023 itu, selain sukses menggelar Krajan Art Festival 2023 telah mampu menggeliatkan pelaku UMKM di Desa yang letaknya sisi timur Kecamatan Gatak itu. Beberapa warga yang melihat prosesi KAF 2023 itu, saat diminta tanggapannya, merasa senang ada kegiatan seni budaya seperti ini. Harapannya, kegiatan seperti ini tidak digelar hanya sekali ini saja. Sementara itu Ketua GSC (Garasi Seni Callista) sebagai inisiator penyelenggara kegiatan KAF Yoyok Eko yang juga sebagai pegiat sosial dan budaya Sukoharjo pada Respon mengatakan, kegiatan ini sangat sukses dan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Menurut rencana gelaran KAF ini nantinya akan dijadikan agenda tahunan, yang bisa untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara, ujarnya optimis. Memang GSC Sukoharjo ini, selalu membuat rajutan keragaman sosial dan budaya, dalam bingkai Persatuan dan Kesatuan di Kabupaten Sukoharjo. Selamat dan sukses.(tim)

Print Friendly, PDF & Email