Selasa, 12 Desember 2023
Ragam
Label

Menarik Wisata Belajar Di Geopark Sukoharjo

Program kegiatan Geopark Batu Seribu
Program kegiatan Geopark Batu Seribu

Respon.id-Sukoharjo, Obyek wisata Geopark yang berlokasi dikawasan obyek wisata Batu Seribu Ds.Kamal, Kec.Bulu, Kab. Sukoharjo, Prov.Jawa Tengah teesebut sudah sejak lama menjadi destinasi wisata prioritas yang mempunyai daya tarik tersendiri. Betapa tidak, upaya Pemerintah Desa yang berkolaborasi dengan Biro Perjalan Sasmita Tour Travel dalam upaya meningkatkan trend wisata alam dengan pola baru yaitu pengenalan alam dan nilai edukatif yang berkelanjutan.

Dengan destinasi wisata yang jauh dengan perkotaan ini, seperti Geopark Sukoharjo semacam ini, memang sudah banyak diminati wisatawan di negara-negara maju. Memang konsep quality tourism, menjadi konsep prioritas sektor pariwisata di Indonesia. Lantaran dianggap mampu memberikan kontribusi keuntungan dan kuantitas pengunjung belaka. Namun untuk merespon hal tersebut, salah satu jawabannya adalah berkualitas dengan menitikberatkan pada Desa Wisata. Desa Kamal untuk prioritas sektor pariwisata, terus bersolek dan berbenah, untuk menunjukkan pesonanya dalam banyak aspek yang berbasis potensi.

Geopark yang berada dikawasan destinasi wisata prioritas Kabupaten Sukoharjo (Batu Seribu), terus bersolek dan konsep Geopark Tourism menjadi salah satu program wisata andalan Desa Kamal. Keterlibatan lintas sektor, dalam upaya pengembangan wisata desa, yakni dengan daya dukung bisnis yaitu Tavel Agent/Tour Operator agar pola pengembangan yang berorientasi pemasaran sesuai dengan segmentasi pasarnya dapat terarah. Sedangkan wisata edukasi yang berbasis ekologi, dikemas dengan tantangan dan petualangan sudah mulai diperkenalkan Sasmita Tour Travel.

Tema wisata ini diperkenalkan pada 22/12/2023 ini dalam rangka menyambut liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru tahun 2023). Untuk kegiatan Amazing Educamp merupakan kegiatan rutin Sasmita Tour Travel, untuk memberikan pengalaman berwisata yang bermanfaat terutama untuk anak-anak yang membutuhkan kegiatan berbasis keterlibatan. Kegiatan perdana, akan dilaksanakan di Desa Kamal, tepatnya We Land Sunrise View dengan mengusung tajuk “Geopark Wilderness Challange”. Sementara itu, nantinya peserta kegiatan bakal diajak eksplorasi lingkungan dengan rangkaian petualangan dan tantangan. Salah satunya bermalam ditenda, walking tour di desa pengamatan flora fauna. Dan kegiatan utamanya yaitu edukasi tentang kawasan edupark yang menjadi salah satu Unique Selling Point bagi Kecamatan Bulu, khususnya dikawasan Batu Seribu dan sekitarnya.

Menurut Chris Broto (Sasmita Tour Travel) pada Wartawan Respon mengatakan, sasaran kegiatan tersebut menyasar pada anak berusia 6-12 tahun (Sekolah Dasar) karena pada usia ini sangat membutuhkan pendidikan diluar ruang yang bervariasi. Untuk menumbuh kembangkan sifat mencintai alam lingkungan, katanya antusias. Selanjutnya Chris Broto menambahkan, dan kegiatan seperti ini akan menambah teman dan menjadi bagian dari wisata edukasi/pendidikan yang berbasis pada tantangan serta petualangan, untuk meningkatkan pengetahuan dan pendidikan kognitif bagi anak usia dini. Selamat dan sukses.(Red)

Print Friendly, PDF & Email