Minggu, 27 Agustus 2023
Ragam
Label

PENGEMBANGAN MODAL PRA KOPERASI DENGAN HIMBAUAN UNTUK MENABUNG

Oleh : Erna Setyani (Mhs FE UNISRI)
DPL : Wirid Winduro, S.Si., M.Si

SURAKARTA – Universitas Slamet Riyadi mengadakan Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) dibeberapa daerah Soloraya, salah satunya di Kelurahan Joglo Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Erna Setyani mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISRI kelompok KKN-PPM 74 tahun 2023 yang dibimbing oleh Bapak Wirid Winduro, S.Si., M.Si, dengan memanfaatkan ilmu yang didapat selama kuliah dan prakoperasi yang sudah terbentuk di wilayah RW 09 Kelurahan Joglo, salah satu program yang dilakukan adalah ajakan untuk menabung di prakoperasi yang sudah ada. Tujuan program kerja tersebut supaya masyarakat RW 09 Kelurahan Joglo dapat mempersiapkan kebutuhan pasti yang akan datang, sebagai contoh biaya sekolah, kebutuhan hari raya, refreshing atau hanya untuk dana darurat. Selain itu prakoperasi juga akan mendapatkan modal dari masyarakat setempat dan UMKM sekitar dapat meminjam modal yang lebih besar di prakoperasi tersebut untuk meningkatkan produksinya.

Manfaat utama menabung adalah untuk mengantisipasi kebutuhan darurat, seperti perbaikan atap rumah bocor, pengobatan tidak ditanggung asuransi, atau antisipasi kehilangan pendapatan (PHK). Selain itu, menabung juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pasti di masa yang akan datang, serta dapat mewujudkan impian, misalkan berwisata dengan keluarga, pembelian asset, atau sebagai dana pensiun. Menabung juga dapat melatih diri untuk disiplin, hemat dan lebih menghargai uang. Dengan tumbuhnya rasa menghargai uang, maka akan dapat mengelola uang dengan lebih baik dan dapat menggunakan uang sesuai kebutuhan. Maka, akan berpikir berkali-kali dalam mengeluarkan uang untuk sesuatu hal yang bersifat foya – foya atau yang sifatnya tidak urgent. Dan dapat juga melatih diri untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan, dengan kata lain secara tidak langsung melatih diri untuk tidak berperilaku konsumtif.

Untuk mulai menabung perlu beberapa hal yang dilakukan. Pertama menentukan tujuan menabung, tentukan alasan mengapa harus menabung, tujuannya sebagai motivasi diri untuk konsisten menabung. Kedua membuat anggaran, buatlah anggaran bulanan / mingguan / harian disesuaikan dengan pemasukan untuk memantau pengeluaran dan untuk mengetahui berapa banyak uang yang dapat disisihkan untuk menabung. Ketiga prioritaskan penghematan, cari tahu dimana dapat mengurangi pengeluaran, misalkan berhenti makan di restoran atau membeli barang – barang yang tidak diperlukan. Keempat impulse buying, menghindari pembelian barang tanpa direncanakan dan tanpa mempetimbangkan fungsi atau manfaatnya.

Sosialisasi secara langsung program menabung tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 14 Agustus 2023 pukul 16.00 saat pertemuan PKK tingkat RW kemudian disampaikan pada PKK tingkat RT melalui perwakilan yang hadir pada PKK tingkat RW tersebut.

Saat kegiatan kelompok Pra Koperasi di Kel.Joglo,Kec.Banjarsari,Kota Surakarta..
Saat kegiatan kelompok Pra Koperasi di Kel.Joglo,Kec.Banjarsari,Kota Surakarta..

Selain sosialisasi secara langsung, juga membuat poster dengan ajakan menabung sebagai pengingat hal – hal apa saja yg harus dilakukan supaya konsisten menabung. Dengan kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan seluruh masyarakat RW 09 Kelurahan Joglo dapat memanfaatkan dan mengembangkan prakoperasi yang sudah ada. Perubahan besar dimulai dari perubahan kecil yang konsisten.

Print Friendly, PDF & Email