Jumat, 5 Mei 2023
Ragam
Label

Ormas & LSM

Tolak KKN Mahasiswa Undip Di Sukoharjo

Panglima Rakyat Ormas Barasukma, Didik Rudiyanto, SH, MH
Panglima Rakyat Ormas Barasukma, Didik Rudiyanto, SH, MH

Respon.id Sukoharjo, Ormas Barasukma (Barisan Rakyat Sukoharjo Makmur) dan LSM GANNAS (Gerakan Nasionalis Sejati) Sukoharjo, Jawa Tengah tolak KKN Mahasiswa Undip (Universitas Diponegoro) Semarang tahun 2023 ini, pasalnya rencana KKN Mahasiswa Undip tersebut dikotori dengan cuitan twitter salah satu Mahasiswa yang akan mendapatkan tugas KKN di kota Makmur tersebut. Dan mahasiswa yang menggunakan akun @undipmenfess itu pun, tiba-tiba menebar cuitan yang menyakiti warga Sukoharjo. Tebaran narasi nya yang di twitt adalah “Ya Allah dpt KKN di Sukoharjo,plis Sukoharjo ada apa pelosok bgt kah Sukoharjo itu..??”. Rupanya mahasiswa yang satu ini, buta pengalaman, geografis dan buta riset serta perkembangan Kabupaten Sukoharjo. Mungkin tak pernah mengetahui seperti apa sekarang Kabupaten Sukoharjo, selain punya beberapa tempat destinasi wisata alam yang menarik, juga sebagai penyangga pangan nasional serta mempunyai beberapa industri tekstil berskala Internsional.

Bahkan Sukoharjo, sudah sejak 40 tahun silam sudah mempunyai kawasan ekonomi eksklusif kota metropolitan dan banyaknya gedung-gedung pencakar langit di Solo Baru yang berada di wilayah Ds.Madegondo dan Ds.Langenharjo, Kec.Grogol, Kab.Sukoharjo. Dan tak kalah dengan daerah lain di Provinsi Jawa Tengah, kota Makmur ini berdasarkan data sejak tahun 2022, telah berhasil melaksanakan program IPM (Indeks Pembangunan Manusia) sebesar 77,94 % prosentase ini tertinggi di Jawa Tengah. Sedangkan untuk angka kemiskinan 0,36 %, prosentase rengking kedua di Jawa Tengah dan pengangguran sebesar 7,61 % menjadi rengking kedua di Jawa Tengah.

Bahkan sekarang ini, untuk menarik investor masuk Kabupaten Sukoharjo, maka digencarkan pembangunan JLT (Jalan Lingkar Timur). Tentu saja juga dalam upaya, meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pembangunan infrastruktur. Sementara itu, Panglima Rakyat Ormas Barasukma Didik Rudiyanto,SH,MH (Kamis,4/5/23) saat dimintai tanggapan, atas cuitan twitter di akun @undipmenfess salah satu mahasiswa Undip yang akan mendapatkan tugas KKN di Sukoharjo kepada Wartawan Respon mengatakan, Ormas Barasukma menolak KKN Mahasiswa Undip di Sukoharjo. Karena Sukoharjo sudah maju, pembangunan disegala bidang sudah merata dan berkeadilan.

Warga Sukoharjo sakit hati dan merasa dilecehkan, tuturnya bersemangat. Lebih lanjut, kalau mau tetap KKN di Kabupaten Sukoharjo harus minta maaf dulu pada rakyat dan secara terbuka,imbuhnya. Sedangkan Ketua Umum LSM GANNAS (Gerakan Nasionalis Sejati) Heru Prasetyono,SH menyikapi cuitan twitter salah satu mahasiswa dengan akun @undipmenfess yang akan mendapat tugas KKN di Sukoharjo itu mengatakan, cuitan dengan narasi yang melecehan rakyat Sukoharjo tersebut, sangat keterlaluan, tidak etis dan meremehkan. Untuk itu, yang bersangkutan harus minta maaf secara terbuka dahulu, kalau mau KKN di Sukoharjo,ujarnya prihatin.
(hp)…

Print Friendly, PDF & Email